LOGO
Metta Media Metta News Solo Berlakukan PPKM Mikro Darurat, Mall Tetap Buka

Solo Berlakukan PPKM Mikro Darurat, Mall Tetap Buka

Thursday, 01 July 2021 - 17:41



SOLO, Metta NEWS - Kota Surakarta menjadi salah satu daerah yang masuk dalam kategori situasi pandemi level 4. Artinya Kota Surakarta punya tingkat penyebaran virus yang sangat tinggi.


Menanggapi situasi tersebut Pemerintah Kota Surakarta melakukan rapat darurat, Kamis (1/7) guna merumuskan Surat Edaran (SE) berisi aturan PPKM terbaru. 


SE terbaru nanti akan mengacu pada kebijakan Pemerintah Pusat yang mewajibkan setiap daerah di Pulau Jawa khususnya untuk menerapkan PPKM Mikro Darurat. 


"Kami di daerah akan melaksanakan kebijakan dari pusat. Tanggal 3 sampai 20 Juli 2021 nanti akan kita laksanakan PPKM Darurat", jelas Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat diwawancarai, Kamis (1/7) siang.


Menurutnya, dalam SE PPKM darurat yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat beberapa sektor esensial dan non esensial masih tetap buka.


"Yang buka hanya yang jualan makanan itupun harus take away, toko obat termasuk supermarket, toko kelontong tapi ada pembatasan. Tunggu SE terbaru", terangnya.


Gibran menuturkan, mall adalah salah satu sektor esensial di dalamnya ada supermarket dan toko obat. Jadi tetap buka, namun akan sangat dibatasi. 


"Ini yang kita lakukan sehingga bisa menekan penyebaran Covid-19. Implementasi sama dengan pusat dan daerah lain. Tidak ada tawar menawar, seragam semua", tegasnya.


Dirinya menambahkan, meskipun PPKM darurat dijalankan akselerasi vaksinasi akan tetap dilakukan begitu pula dengan layanan yang melibatkan dinas-dinas perkotaan. 


"Warga solo tidak perlu panik untuk kebaikan kota kita untuk kesehatan keluarga kita. Saya yakin bisa melalui ini semua untuk proses pemutusan dan pengurangan angka penyebaran Covid di Kota Solo", jelas Gibran.


Sementara itu, Ketua Harian Satgas Penanggulangan Covid-19 Surakarta Ahyani menambahkan untuk sektor-sektor seperti pusat perbelanjaan, mall, pasar dan pabrik harus menyesuaikan dengan aturan PPKM darurat yakni pembatasan jam buka. 


“Boleh buka tetapi hanya sampai jam 5 sore, semua sektor perkantoran, pabrik dan pasar harus menyesuaikan, tidak bisa tawar menawar lagi”, tegas Ahyani. (*ita/rom) 

Share:

Most Popular News

IMG